Melihat Orang Hutan Di Bukit Lawang ( Jungle Track )

Sumatera Utara


Bukit Lawang - adalah sebuah desa kecil yang terletak 90 kilometer barat laut dari Medan, ibu kota Sumatera Utara, Indonesia. Bukit Lawang paling terkenal sebagai tempat dimana kita bisa menemukan orangutan liar dan kita tetap mendapatkan fasilitas pariwisata yang nyaman. Bukit Lawang terletak di sisi timur Taman Nasional Gunung Leuser.

Pada tahun 1973 sebuah organisasi Swiss mendirikan pusat rehabilitasi orangutan di Bukit Lawang. Tujuan dari pusat itu adalah untuk merehabilitasi orangutan yang dilepaskan dari penangkaran. Polisi hutan di pusat mengajarkan orangutan semua keterampilan yang diperlukan untuk bertahan hidup di alam liar. Setelah periode karantina yang intens, penyesuaian kembali ke habitat alami dan reintegrasi di populasi liar (semi), orangutan dilepaskan kembali ke hutan. Semua orangutan yang dilepaskan masih dipantau oleh polisi dan mereka masih menyediakan makanan tambahan di tempat makan sampai mereka sepenuhnya mandiri. Dari proyek ini Program Konservasi Orangutan Sumatra (SOCP) didirikan. ( Via www.wikitravel.org )

Pada tahun-tahun setelah kedatangan pusat rehabilitasi semakin banyak wisatawan menemukan jalan mereka ke Bukit Lawang dan itu menjadi salah satu tujuan paling populer di Sumatera. Banjir bandang menghantam Bukit Lawang pada tanggal 2 November 2003. Digambarkan oleh saksi-saksi sebagai gelombang air pasang, tingginya air sekitar 20 meter, ketika hujan itu menerjang perbukitan, memusnahkan segala sesuatu di jalannya.

Generasi muda bukit lawang berharap bisa membangun kembali desa dengan cara yang lebih berkelanjutan daripada sebelumnya dan mereka sangat sadar akan pentingnya pelestarian ekosistem yang rapuh yang mereka tinggali. Mereka dapat menggunakan semua dukungan yang bisa mereka dapatkan dan pendapatan dari pariwisata akan membantu mereka dalam mewujudkan ide-ide mereka untuk masa depan yang lebih cerah bagi Bukit Lawang. Jadi apalagi yang Anda tunggu, cepat kemasi tas Anda dan pergilah menuju petualangan yang nyata di hutan bukitlawang!

  1. Pembayaran via transfer bank.
  2. Tidak dapat melakukan pembatalan pembelian trip H-7 dari tanggal keberangkatan.
  3. Pembayaran akan hangus jika user melakukan pembatalan perjalanan