Jenis-Jenis Wisata Kebudayaan Sumatera Utara

Jenis-Jenis Wisata Kebudayaan Sumatera Utara trivatrip

Indonesia memang sangat kaya dengan berbagai kebudayaan. Hal ini terbukti dari banyaknya kebudayaan yang ada di dalamnya. Seperti salah satunya kebudayaan yang Indonesia miliki seperti dari Sumatera Utara. Ada banyak kekayaan budaya yang ada di dalamnya sehingga ada baiknya untuk melihat lebih detailnya. Tentu saja dengan mengetahui secara detail Anda akan lebih mudah untuk mencintai dan menyukainya.

Jenis-jenis wisata kebudayaan Sumatera Utara antara lain yaitu

  1. Rumah adat

Provinsi Sumatera Utara memiliki rumah adat yang cukup unik. Hal ini terbukti dari bentuk rumahnya yang mirip seperti panggung. Untuk bagian ruang tidur memang didesain lebih tinggi dibandingkan dengan dapurnya. Dengan demikian rumah ini memang terlihat unik dan lain dari yang lain. Namun menurut penduduk sekitar hal ini dilakukan untuk menghindari adanya serangan binatang buas yang kemungkinan dulu bisa datang.

  1. Pakaian adat

Keunikan selanjutnya adalah pada jenis pakaian adat yang dimilikinya. Untuk prianya juga mengenakan topi dengan nama sabe-sabe. Jenis topi ini dari Ulos Mangiring dan hal ini berbeda dengan wanitanya. Untuk wanitanya pakaian tersebut dinamakan dengan Ulos Ragi Hontang dan ditambahkan dengan kain sarung. Pakaian ini juga biasanya digunakan untuk acara pernikahan. Sehingga siapapun yang menggunakannya akan membuat orang tersebut terlihat lebih gagah dan juga anggun. Sebagai wisatawan Anda pun dapat mencobanya sendiri dan bisa dijadikan sebagai cenderamata untuk orang terkasih di rumah.

  1. Tarian adat

Jika kebudayaan Sumatera Utara yang paling terkenal adalah tarian adat yang dimilikinya. Umumnya tarian ini akan dilakukan pada saat ada acara adat seperti penikahan, kematian, masa tanam dan juga panen raya tiba. Untuk melakukan tarian ini biasanya dilakukan dengan menggerakkan tangan ke atas dank e bawah. Tarian ini pun akan terasa semakin menarik apabila dibarengi dengan suara gendang. Jika Anda sudah mencobanya beberapa kali pastilah menikmatinya. Untuk itu tak ada salahnya mulai mempelajarinya agar semakin mengenal kebudayaan ini.

  1. Senjata tradisional

Untuk senjata tradisional yang dimiliki berupa Piso Surut. Jenis alat ini sejenis golok dan hanya diperbolehkan digunakan oleh Raja. Dengan demikian jaman dahulu tidak diperbolehkan digunakan oleh sembarang orang. Untuk itu jenis senjata ini pun tidak akan ditemui pada setiap rumah. Senjata ini juga dahulunya digunakan untuk berburu dan juga sebagai perlindungan diri. Hampir sama fungsinya dengan perlindungan diri pada jenis senjata lainnya.

  1. Lagu daerah

Lagu daerah pun bisa dinyanyikan oleh siapapun. Bahkan saat ini jika Anda seorang turis dan ingin sekali belajar mengenai lagu ini. Umumnya lagus ini terkenal seperti pantun dan Sengko-Sengko. Bahkan apabila Anda mempelajarinya maka makin menikmatinya. Sehingga akan menjadi semakin indah dan Anda menyukainya.

  1. Bahasa

Kekayaan budaya yang terakhir mengenai bahasa yang digunakan. Bahasa daerah tersebut berbeda dengan bahasa Indonesia. Sehingga untuk sama Anda harus mempelajarinya dengan benar. Adapun beberapa bahasa yang umumnya digunakan antara lain yaitu bahasa Batak, Karo, Nias, Mondailing dan masih banyak lainnya. Namun keragaman tersebut tidak menghalangi kita untuk bersatu dalam satu Indonesia.

Setelah Anda mengetahui lebih detail mengenai informasi yang ada mengenai jenis-jenis wisata kebudayaan Sumatera Utara. Dengan mengenal lebih dekat bisa membuat Anda tertarik dan berkunjung ke Sumatera Utara ini. Tentu saja Anda ingin berlibur sekaligus belajar dan menemukan mengenai pengalaman baru. Sehingga perjalanan wisata yang dilakukan menjadi semakin menyenangkan dan lain dari biasanya.