Lemang Khas Karo

Lemang Khas Karo trivatrip

Jenis makanan lainnya, Lemang. Lemang sebenarnya bukan makanan yang menjadi milik Suku Karo satu-satunya. Beberapa masyarakat kebudayan lain di Indonesia juga mengenal jenis penganan ini. Masyarakat Minang misalnya. Bahkan jenis makanan yang terbuat dari beras pulut (ketan) yang dimasak dalam bungkusan daun pisang dalam buku bambu ini juga ditemukan di negara tentangga, Malaysia. Biasanya sebagai makanan pada hari raya Idul Fitri.

Lemang atau dalam bahasa Karo disebut rires, bisa dinikmati dengan berbagai saus pelengkap. Pada musim durian, sausnya akan dicampur dengan durian. Tapi pada masyarakat Karo biasa dimakan dengan saus yang disebut tengguli, terbuat dari gula merah. Hampir mirip dengan lupislah. Tapi lupis dimasak dengan dikukus sementara lemang dengan dipanggang dalam buku bambu. Nah, kalau di kampung halaman ibu saya, teman memakan lemang adalah cincang ikan atau babi yang  juga dimasak dalam buluh bambu.

Masyarakat Karo memang telah mencoba berbagai cara untuk mengolah beras. Termasuk dengan membakarnya, yang merupakan cara memasak untuk kalangan para raja. Luar biasa bukan?

Keistimewaan lemang masyarakat Karo adalah lemangnya biasa dimasak dengan kunyit, merica, dan lada hitam. Jadi warnanya kekuningan, bukan putih pucat. Aromanya juga sangat nikmat.