Berbagai Perkembangan Aceh Kini Setelah Tsunami 2004

Berbagai Perkembangan Aceh Kini Setelah Tsunami 2004 trivatrip

Berbagai Perkembangan Aceh Kini Setelah Tsunami 2004 Dirasakan sudah hampir 15 tahun berlalu setelah musibah tsunami yang pernah mengguncang Aceh. Tepatnya pukul delapan pagi kejadian itu berlangsung. Bahkan musibah itu juga meninggalkan berbagai luka dan duka di masyarakat Aceh. Kerugian materi dan juga terguncangnya psikologis pun tak dapat dielakkan. Namun tahukah Anda bahwa setelah beberapa tahun berlalu kini masyarakat Aceh mulai menata kembali hidup mereka. Sehingga dengan rahmat Tuhan YME saat ini ada banyak sekali perkembangan yang dapat kita lihat hasilnya. Berikut ini beberapa perkembangan Aceh yang dapat Kita bersama melihatnya.

Adapun berbagai perkembangan Aceh kini setelah tsunami 2004 yaitu
1. Perkembangan ekonomi mulai bangkit
Perkenomonian masyarakat Aceh pasca terjadinya memang membutuhkan penyesuaian. Hal ini dapat dilihat dari dibutuhkannya bantuan dari pihak relawan agar masyarakat Aceh dapat membangun usahanya kembali. Usaha kecil yang menjadi salah satu ujung tombak berdirinya perkonomian yang ada di tanah rencong ini. Sehingga sedikit demi sedikit menata kembali sumber penghasilan masyarakat. Dari sinilah cikal bakal berdirinya mal dan juga pusat perbelanjaan yang ada. Tentu saja hal inilah yang membantu membuka lapangan kerja bagi yang kehilangan pekerjaan pasca terjadinya bencana.

2. Infrastruktur mulai tertata rapi
Setelah terjadinya bencana berbagai puing reruntuhan memang berjatuhan dimana-mana. Sehingga membuat kota menjadi kotor dan juga berserakan. Namun setelah beberapa tahun berlalu saat ini sudah mengalami banyak perubahan. Hal ini dapat dilihat dari berbagai bangunan rumah yang mulai dibangun kembali. Jalan raya, ruang terbuka hijau dan berbagai fasilitas umum mulai dibangun. Tentu saja semuanya dilakukan untuk membantu mempercepat pemulihan kota ini. Dengan demikian dapat membantu menjadikan kota ini menjadi lebih hidup.

3. Berdirinya museum tsunami
Museum yang sangat terkenal di kota ini yaitu yang mengingatkan kembali bencana ini. Museum tsunami yang banyak dikunjungi oleh wisatawan untuk mengingatkan kembali kejadian di masa silam. Sehingga hal ini menjadi perenungan bahwa ada kekuatan selain kekuatan manusia yang berkuasa yaitu kekuatan Tuhan YME. Di museum ini merekam setiap jejak peristiwa kejadian tak terlupakan tersebut. Bahkan karena adanya museum ini juga dapat menarik lowongan pekerjaan dan pemasukan kota ini.

4. Memberikan rasa aman
Sejak adanya bencana tersebut Aceh menjadi kota yang aman. Apabila tadinya ada organisasi dengan nama GAM yang mengharuskan adanya tentara yang berseliweran di sekitar tempat tinggal warga sipil. Namun saat ini hal ini sudah tidak ada lagi. Semuanya menjadi lebih aman kerena sudah bebas dari banyaknya tentara yang melintas. Sehingga Aceh dan pemerintah Indonesia sudah merasa aman.

5. Menjadi semakin baik
Kota yang tadinya porak poranda berubah dan menjadi perbincangan bahwa bencana tidak sepenuhnya mematikan kota ini. Ada selalu semangat untuk merubah menjadi lebih baik. baik dari penataan kota, lingkungan hingga warganya yang semakin baik. Bahkan satu-satunya masjid yang masih berdiri disaat seluruh bangunan rubuh direnovasi. Dengan demikian menjadikan kerusakan yang ada bisa diperbaiki kembali. Tentu saja hal ini dilakukan untuk memberikan pelayanan bagi siapapun.

Dengan adanya berbagai perkembangan tersebut Kita bisa mengambil hikmah atas setiap musibah yang dirasakan. Tentu saja Kita tidak boleh kalah dengan keadaan dan menyesali apa yang sudah ada. Untuk itu bantuan dari semua pihak yang bersatu membangun kota Aceh menjadikan kota ini bisa berdiri dengan tegak.